Wednesday, May 6, 2009

Cara Ampuh Mendeteksi Motivasimu !


Cara
Ampuh Mendeteksi Motivasimu !


By AlFatahul Ikhlas, May- 06- 2009

* Makhluk Bernama " Motivasi ".


"In general: "a willingness and/or ability" that someone, either a student, a company and / or a leader such as that at its core is something that encourages someone to do something, the fact is with something that we give it the name " motivation".

Motivasi......yups ,seperti yang anda ketahui , bahwa pada umumnya : " Kemauan dan/atau Kemampuan " seseorang itu baik seorang pelajar/mahasiswa , seorang pengusaha dan/atau seorang pemimpin misalnya yang pada intinya dapat mendorong seseorang itu untuk melakukan sesuatu, pada hakikatnya tidak terlepas dengan sesuatu yang kita beri nama " Motivasi ".! yes...What do you think about it ?

Nah...saya yakin Anda lebih cerdas untuk menyimpulkan definisi dari kata " Motivasi " itu bukan!,



Ok. Selanjutnya.....

Seperti yang telah Anda simpulkan ,....Definisi motivasi itu juga berkaitan erat dengan namanya " Niat dan Kesempatan " ( Ingat..kata Bang Napi ? ),..Menurut beliau : " Seseorang itu melakukan kejahatan karena adanya Niat Pelaku dan juga Kesempatan ( namun, pada hakikatnya bukan hanya kejahatan tapi juga kebaikan bukan-pen)..oleh karena itu...Waspadalah...waspadalah.....! ( hehe- just kidding )

Baiklah..Sekarang coba Anda renungkan sejenak...mana yang lebih berpengaruh...menurut Anda antara keduanya : " Niat atau kesempatan ?




".....Sttt,...ok. saya anggap,....Anda sudah punya jawaban tersendiri untuk itu...bukan,


Nah...sekarang menurut penulis yaa, rasanya penulis lebih cenderung sepakat dengan pendapat dari Da'i Berjuta Ummat ( KH.Zainuddin Mz-pen ) ,karena Menurut Beliau dalam ceramahnya : "Seseorang itu memang akan melakukan sesuatu karena adanya dorongan Niat dan Kesempatan .....Namun,Ternyata....yang lebih berpengaruh adalah NIAT pelakunya....( tanya kenapa ?-pen ) , karena dengan Niat lah maka Kesempatan itu dapat Diciptakan....? " . sungguh Jawaban yang cerdas dan memuaskan . ( do you agree with it ? ) nah...dapatkah Anda memberikan contohnya ? ( ok. di komentar aja ya ? )




Baiklah, terlepas apapun asumsi Anda tentang Niat dan Kesempatan (tetap aja relatif dalam sudut pandang masing-masing bukan.)....Namun, pada intinya "Makhluk" yang bernama Motivasi ini , disadari atau tidak , benar-benar sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang ,baik itu saya dan mungkin Anda..(gak percaya ? )....seperti yang Anda ketahui bahwa pada faktanya , kalau kita ambil contoh :" ketika seorang polisi misalnya , sedang mengintrogasi tersangka,...biasanya hal utama yang ditanyakan adalah Motif ( motivasi ) apa yang medorong tersangka untuk melakukan kejahatan itu ..... karena dengan diketahui motif itu ,maka segala proses yang berkaitan tentang kasus itu akan mempermudah proses penyelidikkan..( apakah Anda setuju ? )... ,contoh ini salah satu bukti yang menunjukkan bahwa betapa sangat besar pengaruh motivasi dalam kehidupan seseorang...bukan ... ( saya yakin Anda dapat memberikan contoh yang lain )


Selanjutnya....,Sebelum kita mendeteksi motivasi kita masing-masing ,maka perlu kita ketahui bahwa secara umum motivasi itu terbagi menjadi dua yaitu : Motivasi Internal dan Motivasi Eksternal, Oleh karena itu, ada baiknya kalau kita memahami terlebih dahulu definisi dan makna dari kedua motivasi tersebut ,tidak lain agar kita lebih mudah mendeteksi Motivasi kita masing-masing selama ini.ok


Selanjutnya.....Mari kita simak baik-baik definisinya :


* Motivasi Internal


Motivasi Internal adalah suatu dorongan yang muncul untuk melakukan sesuatu yang bersumber atau berasal dari dalam diri seseorang , dengan kesadaran atau tanpa paksaan ,dan bersifat permanen ( Unlimited Edtion ) dengan kata lain tidak dipengaruhi oleh faktor luar.


* Motivasi Eksternal


Motivasi Eksternal adalah suatu dorongan untuk melakukan sesuatu yang bersumber atau berasal dari luar diri seperti keluarga, teman ,someone, lingkungan dll. Bersifat terpaksa , dan besifat temporer ( Limited Edtion ), karena dipengaruhi atau bergantung pada faktor luar tadi.
Bagaimana dengan contohnya ?..( .nanti aja ya ),...sangat mudah untuk dipahami bukan.Nah...kalau sudah dipahami, bersiap-siaplah bahwa kita akan masuk ke acara inti kita , yaitu : " Mendeteksi Motivasimu "...heem





*Mendeteksi Motivasimu !


Saat ini , penulis yakin bahwa Anda sudah memahami kedua motivasi diatas,..dan selanjutnya kita akan mecoba mendeteksi motivasi kita masing-masing. Untuk mempermudah kita awali dari motivasi yang paling sering kita dapatkan sadar atau tidak dalam kehidupan , apakah itu , yups..Motivasi Eksternal...:


* Motivasi Eksternal


Pada bagian ini, ada beberapa pertanyaan sederhana dan tentunya perlu dijawab dengan sederhana pula yaitu cukup direnungkan , disadari lalu dijawab dengan suara hati mu....:mudah bukan.


Oke...kita Mulai....sekarang yaa :


1. Pernahkan Anda mengalami, ketika Anda berangkat ke sekolah, ke kampus atau bahkan ke kantor ...dimana saat itu , rasanya Anda sangat malas sekali untuk pergi (berangkat )..Namun, Berhubung karena adanya " Someone " (Hi.. what is it ? ). disana ......hem...akhirnya berangkat juga deh...( ayo ngaku....hem ,ini fakta unik lho dan pernah di survei secara diam-diam ke teman-teman hehe ).


2. Pernahkan Anda alami : " jika saat ini Anda seorang pelajar atau Mahasiswa ( saya yakin Anda pernah merasakan yang namanya titik jenuh..bukan )...Lalu adanya rasa malas minta ampun...!.Namun , Karena adanya rasa takut dimarahi orang tua misalnya jika nilai Anda anjlok atau bahkan menjadi semangat Belajar atau kuliahnya ..karena ternyata Anda akan diberi sebuah Insentif atau Hadiah ( yang sangat Anda inginkan baik dari orang tua atau bahkan " someone "...jika Anda bisa mendapatkan nilai yang memuaskan ). akhirnya Anda sangat giat...giat ...dan giat belajarnya."


3. Pernakah Anda alami juga : "Ketika itu Anda sangat giat mengerjakan tugas kuliah , PR sekolah atau Tugas kantor karena , Anda sangat takut diberi hukuman ,sanksi ,dan lain-lain..pada akhirnya Anda tetap mengerjakannya ,meskipun Anda malas atau bahkan bosan.


4. Pernakah Anda melakukan sesuatu , meraih sesuatu " prestasi " misalnya, yang sebenarnya anda tidak begitu mampu untuk melakukannya ,namun karena Anda ( maaf ) ingin dipuji misalnya, dendam dan lain-lain . akhirnya Anda semangat juga melakukannya..bahkan dengan semangat yang menggebu-gebu !


5. Anda merasa malas melakukan melakukan sesuatu jika tidak ada faktor diluar tadi seperti : " Someone ", Insentif / hadiah ,hukuman dll


Baiklah , saya pikir cukup dengan lima pertanyaan diatas dan saya rasa pertanyaan diatas sudah cukup mewakili untuk mendeteksi motivasi Anda,.


Nah sekarang Apa yang Anda rasakan.?


Apakah Anda termasuk pernah mengalami fenomena pertanyaan diatas ?. jika iya ( tidak menutup kemungkinan )..berarti anda ternasuk memiliki Motivasi Eksternal .( hem...saya yakin iya..tanya kenapa ? hehe ), nah...untuk memperjelas ada baiknya anda memberi komentar tentang pengalaman Anda dengan motivasi eksternal ini minimal bisa berbagi ( sharing ) dengan teman-teman yang lain .ok.


Nb : Motivasi Eksternal bukanlah aib atau kesalahan karena itu hal alamiah,( karena suatu saat kita juga butuh motivasi ini ) namun bukankah tidak ada salahnya jika kita mencari solusi yang terbaik bukan.


*Motivasi Internal


Selanjutnya..... saya..yakin Anda tahu maksud saya, yups ..." Motivasi Internal ", sama seperti diatas cukup direnungi, disadari dan dijawab dengan suara hati....,oleh karena itu bersiaplah Mendeteksi Motivasimu ! :


Kita Mulai....sekarang Juga :


1. Apakah Anda Memiliki Hobby ?, ( sudah tentu bukan ), Nah...pertanyaannya adalah :ketika Anda mengerjakan Hobby Anda , adakah pada saat itu orang yang mengancammu, memaksamu , memberimu hadiah dan/atau memujimu terlebih dahulu...baru Anda akan melakukan Hobby tersebut ...( saya yakin .tentunya .....tidak bukan......tanya kenapa ?)


2. Pernahkan Anda ketika melakukan sesuatu ( selain Hobby ) : anda sangat semangat melakukannya , Anda tidak peduli apakah ada yang memuji atau memaki, memberi hadiah ataua haukuman kepada Anda jika mengerjakan atau tidak mengerjakannya ,..Anda tetap melakukkannya .


3. Dalam melakukan sesuatu Anda tidak pernah bosan melakukkannya ..bahkan Anda sering lupa waktu..,dan selalu menarik bagi Anda


4. Ketika Anda melakukan sesuatu , lalu ada orang yang memuji anda , misalnya " saya sangat salut dengan Anda dalam melakukan itu dll ", Namun,Tetap Anda merasa itu bukanlah kelebihan menurut Anda , dan anda pun tetap melakukkannya bukan karena adanya pujian itu tersebut dll


Baiklah , saya pikir cukup dengan empat pertanyaan diatas dan saya rasa pertanyaan diatas sudah cukup mewakili untuk mendeteksi motivasi Anda,...


Nah sekarang Apa yang Anda rasakan....apakah Anda termasuk pernah mengalami fenomena pertanyaan diatas ?.
jika iya .( tidak menutup kemungkinan )..berarti anda ternasuk memiliki Motivasi Internal .( bersyukurlah....karena tidak semua orang seprti..bahkan mungkin termasuk penulis ),


Nb : Untuk memperjelas ada baiknya anda memberi komentar tentang pengalaman Anda mengenai motivasi Internal ini yaa,minimal bisa berbagi ( sharing ) dengan teman-teman yang lain .ok.




Akhirnya , penulis cukupkan sampai disini , saya yakin Anda telah menemukan dan mengetahui Motivasi yang lebih Dominan dalam hidup Anda apakah itu Internal atau Eksternalkah , masih banyak contoh dari kedua motivasi tersebut , semuanya memilki kelebihan tapi tidak semuanya memilki kekurangan (lho ko' gitu ?), karena seperti Motivasi Internal , sulit menemukan kekurangannya atau bahkan tidak ada " pada artikel selanjutnya, Insya Allah saya akan menulis tentang " The Power of Self -Motivation ", yups...mengenai Keunggulan dari Motivasi Internal atau Motivasi dari dalam diri sendiri , Oleh karena itu jangan lupa untuk mengunjungi selalu Blog ini ...






Nb : Untuk memperjelas ada baiknya anda memberi komentar tentang pengalaman Anda mengenai motivasi Internal dan Eksternal ini minimal bisa berbagi ( sharing ) dengan teman-teman yang lain .dan Insya Allah , Pengalaman Anda akan saya masukkan juga dalam Artikel selanjutnya yaitu : " The Power of Self -Motivation ".


Kembali ke atas



Creator : Alfatahul Ikhlas


Kunjungi selalu Blog saya :


http://sejadah-sukses.co.cc atau http://sejadahsukses.blogspot.com


Temukan Artikel yang akan memberimu semangat perjuangangan dalam menggapai kesuksesan hakiki ( mari kita berjuang bersama-sama ).
Semoga Bermanfaat ! Wassalam



Download Artikel ini :
1.Motivasi.Pdf
2.Motivasi.jar ( Khusus Untuk Handphone Java )



Ingin berlangganan artikel di blog ini Gratis!!,Masukkan Email Anda lalu klik Subscribe, Anda akan mendapatkan artikel-artikel terbaru dari blog ini gratis langsung pada email anda

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Setelah itu silahkan Check Email Anda lalu Aktivasi

Comments :

6 komentar to “Cara Ampuh Mendeteksi Motivasimu !”

Test...Alhamdulillah Akhirnya Berhasil juga...buat Kotak Komentarnya...benar-benar manual

Ivan said...
on 

Wuih artilek nya keren sob, ajaring bikin artikel duonk....

Dicky Gunawan said...
on 

Ma ksh mas Gun's atas kunjungannya,..kaya'nya biasa ja nih artikel,..hehe,saya rasa mas Gun's lebih keren buat artikel,..ok

Ivan said...
on 

Salam kenal mas Alfatahul Ikhlas....,artikel yang menarik,..!!

Anonymous said...
on 

hhmmmm kyaknya dlam membuat artikel pola kalimatnya harus lebih diperbaiki lagi van

Anonymous said...
on 

wah..terioma ksih nieh ats kritiknya..hehe, akan diperbaiki..thanks for your visit

Ivan said...
on 

Post a Comment

Silahkan Memberikan Komentar Dengan Memberikan Nama dan Url Anda ( seperti Alamat Url : Facebook, atau Friendster Anda )akan lebih baik jika Url blog Anda , Terima Kasih